ASPEK KOMERSIAL PADA FILM


ASPEK KOMERSIAL PADA FILM



Pada film, ada beberapa faktor yang memengaruhi nilai jual sebuah film atau biasa kita sebut aspek komersial pada film. Faktor-faktor ini penting untuk menarik penonton agar film yang dibuat mampu memenuhi kepuasan penonton sehingga memiliki nilai jual. Ada tiga hal yang harus dipenuhi dalam sebuah film, yaitu :

1. Aspek Kreatif



Aspek kreatif yang dapat diterapkan yaitu dengan cara melawan bentuk-bentuk yang sudah umum. Contoh bentuk-bentuk umum seperti : menyatakan cinta dengan bunga, sedih dengan menangis, marah dengan membanting benda. Hal-hal yang berlawanan dengan bentuk-bentuk umum cenderung diminati penonton karena merupakan sebuah pengalaman baru untuk mereka. Penonton akan merasa bosan apabila terus menemui hal-hal umum secara berkala.

2. Stuktur Dramatik



Penggunaan struktur dramatik yang tepat juga memengaruhi kualitas film dan tentunya berdampak terhadap aspek komersial film tersebut. Penerapannya dapat melalui berbagai cara, baik dengan 3 act structure ataupun cara-cara lainnya.


3. Keterhubungan Dengan Penonton



Ada berbagai macam keterhubungan sebuah film dengan penontonnya. Biasanya keterhubungan ini diciptakan sebelum pembuatan naskah berlangsung sesuai dengan topik apa yang ingin diangkat oleh pembuatnya. Ada 6 jenis keterhubungan sebuah film, diantaranya :

  1. Keterhubungan melalui genre, contohnya : drama, horror, science fiction, komedi, sejarah
  2. Keterhubungan melalui tema, contohnya : keluarga, persahabatan, relationship, survival
  3. Keterhubungan melalui trend, contohnya : hantu, remaja, komedi, remake
  4. Keterhubungan dengan issue, contohnya : LGBT, feminisme, rasisme, wabah penyakit
  5. Keterhubungan dengan dongeng/fantasi, seperti : Harry Potter, The Lord of The Rings, Narnia
  6. Keterhubungan dengan chaos, contohnya : genosida, perang, kerusuhan  





Comments